Senin, 14 Mei 2012

Artzuid, Amsterdam’s sculpture biennale opens

Frederic Beaufils (France) - Terroir
Suka yang berbau seni? Atau mau berfoto dengan latar belakang yang inovatif? Belandalah tempatnya. Salah satu tempat di Belanda yang bisa kawan-kawan kunjungi adalah Amsterdam. Setiap  tanggal 27 Mei - 28 Agustus dan dua tahun sekali  di Amsterdam selalu diadakan  Artzuid, Amsterdam’s sculpture biennale opens. Di acara ini teman-teman bisa melihat karya-karya dari Rodin, Dali, Miro, Dubuffet, dan seniman lainnya. Bahkan para seniman tidak hanya berasal dari Belanda, tetapi juga Amerika, Brazil, India, Indonesia, dan lain-lain.

Festival ini muncul ketika Cintha van Heeswijck mempunyai insiatif untuk menarik perhatian lebih besar terhadap daerah selatan Amsterdam, yang dikenal sebagai Plan-Zuid, yang dirancang oleh arsitek HP Berlage hampir seratus tahun yang lalu. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Letaknya yang strategis di distrik Old South, kita hanya perlu jalan beberapa langkah dari Museumplein dan sudah bisa menikmati keanekaragaman bentuk karya seni.

Beberapa contoh karya seni buatan seniman Belanda yang dipamerkan di Artzuid:

Kubusconstructe

 

Karya seni ini dibuat oleh Andre Volten, seorang pemahat utama Belanda. Salah satu karyanya ini merupakan salah satu contoh pahatan yang mengkomunikasikan  desain urban dan arsitektur.



Kop

 

Karya ini dibuat oleh Mathieu Nab. Karya seni yang diberi nama kop ini mencerminkan patung klasik yang menunjukkan adanya hubungan dialog yang kuat antara seniman dan karyanya. 



Festival Artzuid telah memenangkan Europa Nostra Award dalam kategori pendidikan, pelatihan, dan peningkatan kesadaran. Award yang sangat membanggakan ini diberikan oleh Placido Domingo, presiden Europa Nostra dan Androulla Vassilio, Kommisioner Eropa untuk Budaya, Pendidikan, Pemuda dan Multibahasa pada tanggal 10 Juni 2011. Distrik Plan-Zuid dikenal secara internasional sebagai warisan budaya dan dipelajari oleh para arsitek seluruh dunia.

Festival Artzuid bisa menjadi pilihan buat kawan-kawan yang hobi berfoto narsis, menyukai karya seni, dan mencari kenalan. Jika beruntung bisa bertemu langsung dengan senimannya.Buat yang hobi dengan seni bisa mencoba untuk bergabung dalam festival ini. 


2 komentar:

  1. Sotoy lu kayak udah ke belanda aje hahaha peaceeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi biarin yeee mimpi yang berharap terkabul hoho :P

      Hapus